Menwa Unej

SELAYANG PANDANG BERDIRINYA
SATUAN RESIMEN MAHASISWA 807 UNIVERSITAS JEMBER

 

September 1977, sejumlah 56 mahasiswa Universitas Jember mengikuti seleksi Kursus Kader Pimpinan Nasional (SUSKAPINAS) yang diawali dari tes lokal di KODIM 0824 Jember, regional di KODAM V Brawijaya Surabaya yang meluluskan 23 mahasiswa dan terakhir mengikuti tes mental ideologi (MI) di Bandung dan dinyatakan lulus 2 orang yaitu :

  1. Agus Rijanto (sekarang sudah pensiun sebagai PNS Universitas Jember).
  2. Edi Kusnaedi (pensiun dari PNS Pemkab Situbondo).

Kedua orang yang lulus tersebut kemudian dipanggil untuk mengikuti pendidikan Suskapinas di Pusat Cadangan Nasional DEPHANKAM Jakarta bergabung dengan 376 mahasiswa seluruh Indonesia selama ± 4 bulan dan dilantik menjadi Perwira Cadangan Nasional oleh MENHANKAM/PANGAB. Sepulang dari pendidikan diberikan surat perintah (Sprint) untuk mendirikan resimen mahasiswa di kampus masing – masing yang belum memiliki Resimen Mahasiswa.

 

Pebruari 1978, pulang dari pendidikan melapor ke Rektor Universitas Jember (Bapak Kol. Drs. R. Warsito), menghadap Komandan KODIM 0824 Jember (Bapak Letkol. Basofi Soedirman) dan Bupati Jember (Bapak Kol. Supono).

  • Atas dukungan pejabat – pejabat tersebut berusaha mendirikan Satuan Resimen Mahasiswa 807 dan dibuktikan dengan mengikutkan 6 orang mahasiswa calon anggota Resimen Mahasiswa di lembaga pendidikan Rampal Malang.
  • Ketika itu marak dengan aksi demonstrasi yang menolak NKK/BKK (Normalisasi Kehidupan Kampus/Badan Koordinasi Kemahasiswaan).
  • Edi Kusnaedi terlibat dalam aksi penolakan NKK/BKK dan bahkan sempat menjadi Ketua Presidium Mahasiswa dan berakhir dengan pemberian skorsing selama 2 semester terhadap dirinya.
  • Sehubungan dengan hal tersebut Komandan Resimen Mahasiswa Mahasurya Jawa Timur (Kol. Sugiharto) mendatangi Satmenwa 807 Universitas Jember untuk menanyakan perihal kejadian tersebut, yang akhirnya :
    • Edi Kusnaedi diberhentikan dari keanggotaan Resimen Mahasiswa.
    • Agus Rijanto dibantu 6 orang anggota yang baru pulang dari Pendidikan Dasar di Malang mempersiapkan mendirikan Resimen Mahasiswa.

 

Tahun 1979, bekerja sama dengan APDN Malang mengadakan pendidikan dasar di Susjur Jember (sekarang Secaba) yang diikuti oleh 60 mahasiswa dari Universitas Jember dan APDN Malang.

 

 

17 September 1980, Rapat Kerja (Raker) I (sekarang Mukersat) yang upacara pembukaannya dihadiri oleh :

  1. Rektor Universitas Jember
  2. Komandan Resimen Mahasiswa Mahasurya Jawa Timur
  3. Bupati Kepala Daerah Kabupaten Dati II Jember
  4. Komandan KODIM 0824 Jember
  5. Pimpinan Organisasi Kemahasiswaan Universitas Jember
  • Raker tersebut menghasilkan pokok-pokok progam kerja dan kesepakatan untuk mendirikan serta meresmikan Satmenwa dengan nama ”Batalyon G” dengan susunan pengurus yang dikomandani Agus Rijanto serta dilantik oleh Rektor Universitas Jember.

 

Demikian Selayang Pandang berdirinya Satuan Resimen Mahasiswa 807 Universitas Jember ini dibuat untuk diketahui.